Wednesday, June 6, 2012

Sistem Transmisi

Hari Rabu yang cukup panas di Jogja,
Biar ada variasi, mari membahas beberapa sistem transmisi yang bisa digunakan untuk Kincir Ismun.

1. Sistem belt dan pulley.
Kelebihan :
  • Relatif murah pengadaannya
  • Cukup ringan untuk mobilisasi
  • Ada efek slip jika over capacity, sebagai pengaman.
  • Parts tersedia di banyak tempat (jika ukurang standart)
Kekurangan :
  • Tidak bisa untuk torsi tinggi rpm rendah.
  • Slip jika basah, kurang lurus settingnya, kurang rigid, atau kurang tegang.
  • Usia pakai sangat variatif, meregang atau aus jika lama digunakan.
  •  Butuh pengawasan ekstra.

2. Sistem rantai.
Kelebihan :
  • Bisa untuk torsi tinggi-putaran rendah.
  • Jika kelurusan terjaga dan sesuai spesifikasi, tidak akan slip.
  • Dengan pelumasan yang benar, lebih awet dari sistem belt dan pulley.
Kekurangan :
  • Cukup berat ketika mobilisasi dan instalasi.
  • Jika tidak lurus settingan antar poros, akan sering terjadi "rantai melompat" yang mengurangi kinerja dan umur pakainya.
  •  Lebih mahal dari pulley dan belt, tetapi melihat umur pakainya bisa jadi justru lebih ekonomis.

3. Gearbox

.
Kelebihan :
  • Bisa untuk segala torsi dan rpm (by design).
  • Handal, jika sesuai spesifikasi.
  • Dengan desain konstruksi yang benar, tidak akan ada slip.
  • Hampir free maintenance (hanya secara periodik mengganti olinya saja.
Kekurangan :
  • Berat, tantangan dalam mobilisasi dan instalasi.
  • Relatif lebih mahal dibandingkan kedua sistem sebelumnya.
Untuk sementara ini dulu ya....
Jika ada yang salah, mohon dikomentari :)

No comments:

Post a Comment