Friday, June 1, 2012

Mencoba...


Di atas adalah tipe kincir Ismun jenis lain (fixed frame), dimana tidak diperlukan pelampung karena sungai yang digunakan adalah saluran air buatan yang debit airnya terkontrol, sehingga dapat dijamin bahwa ketinggian permukaan airnya tidak akan melebihi dinding sungai.

Foto tersebut diambil ketika uji-coba di Selokan Mataram, Jogjakarta pada bulan Januari 2008. Generator yang digunakan adalah generator putaran rendah dengan output 5000 watt pada 300 rpm. Saat itu dihasilkan output hingga 7000 watt (over power), tetapi hanya bertahan beberapa saat dikarenakan konstruksi pada sistem transmisinya sedikit bermasalah sehingga diperlukan perbaikan.

Data sungai yang tercatat dengan pengamatan visual-manual saat itu:
  • Laju aliran alami selokan : 0,7 m/s
  • Laju aliran setelah diarahkan seadanya dengan papan kayu dan bambu : 2 m/s.
  • Lebar selokan 8-10 m.
  • Kedalaman 1,5 - 1,7 m.
  • Secara teoritis, total daya yang dibawa air pada luasan inlet kincir dan kecepatan 2 m/s adalah sekitar 17.500 watt. Daya yang dibangkitkan ternyata mencapai 7000 watt. Sehingga secara kasar dapat dikatakan efisiensi kincir adalah 40 %.
Masih ditemukan banyak rugi aliran karena tidak ada dinding, bentuk blade(daun) yang masih polos dan kelemahan konstruksi secara umum. Sehingga masih membuka banyak peluang perbaikan. Yang akan diceritakan lebih lanjut di lain kesempatan.

Asalkan tidak berhenti dan sungai terus mengalir, selalu ada harapan bagi terangnya malam dengan sumber energi yang ramah lingkungan.

No comments:

Post a Comment